Website counter

Cari Blog Ini

Jumat, 11 Desember 2009

artikel

Pacaran Jarak Jauh : Mungkin Ga sih?

Tanya siapa pun yang pernah menjalani pacaran jarak jauh, percaya deh, mereka bakal langsung bilang bahwa punya hubungan macam ini sussaaaah. Tapi ternyata walaupun keadaannya seperti itu, pacaran jarak jauh masih mungkin dilakukan. Bahkan bisa bertahan dan tambah kuat seiring waktu kalau kamu tahu caranya

Long-Distance

  1. Step 1
    Tak ada yang suka berada dalam hubungan yang menggantung. Kalian berdua perlu memiliki kejelasan tentang masa perpisahan ini. Misalnya diperjelas, kalian ngga akan saling ketemu hingga berapa lama. Jika hubungan jarak jauh ini akan berlangsung selama beberapa tahun, tentukan berapa kali dalam setahun kalian bisa bertemu untuk event-event istimewa seperti ulang tahun atau hari raya. Jika hal-hal seperti ini jelas, kalian masing-masing pun lebih nyaman menjalaninya.
  2. Step 2
    Bicarakan berdua dengan pacar, bagaimana kalian akan mengatasi kendala komunikasi selama perpisahan dan memegang komitmen pada perjanjian yang sudah disepakati. Misalnya telepon berapa hari sekali, kirim email setiap hari, chatting lewat YM atau MSN, ngobrol pakai webcam lewat internet dan lainnya. Jadi kalian bisa terus update kabar masing-masing dan masih bisa kangen-kangenan walaupun ngga ketemu langsung.
  3. Step 3
    Setiap orang selalu membutuhkan teman kapan pun di mana pun. Kamu yang ngga bisa ada setiap hari untuk dia, dia pun begitu ke kamu, bisa memancing kebutuhan akan teman baru, yang seringkali berbuntut jadi ”godaan”. Makanya sebelum kalian pisah dalam jarak yang jauh, bikin kesepakatan dengan pacar kamu tentang hubungan ”pertemanan” ini. Batasan-batasan perlu dibuat jelas untuk disepakati bareng. Misalnya, kamu bilang ke dia kalau kamu lebih suka dia punya sahabat sesama jenis selama kalian pisah. Kamu juga bisa bilang kalau kamu ngga mau dia jalan bareng teman lawan jenis sendirian aja, kecuali kalau bilang dulu ke kamu alasannya. Dia pun perlu ngasih tahu apa yang dia mau kamu lakukan selama dia ngga ada. Kalian berdua perlu komitmen besar menaati permintaan masing-masing agar hubungan bisa berjalan baik.
  4. Step 4
    Tingkat kedekatan sebagai pasangan yang menurun menjadi akrab ala teman, bisa memancing munculnya perasaan ragu tentang rasa sayang. Jangan takut kalau ini terjadi. Wajar kok, setiap pasangan yang sudah menjalani hubungan tahunan pasti mengalaminya. Intinya adalah, jangan langsung memikirkannya berlebihan, yang bisa mempengaruhi emosi dan mengubah pandangan mu tentang hubungan. Karena sebenarnya bisa jadi hubungan kalian baik-baik saja dan kalian masih saling sayang. Bicarakan saja dengan pacar tentang apa yang kamu pikirkan, siapa tahu dia juga sedang memikirkan hal yang sama. Kalian bisa merencanakan pertemuan sebagai selingan dari hanya sekedar chatting atau telepon. Usually a meeting after a long separation could get your excitement back of your relationship.
  5. Keep the key close
    At the end, “jangan menyerah” adalah kata kunci yang membuat setiap hubungan berhasil baik. Sebab walaupun hubungan jarak jauh sulit, masih selalu mungkin untuk dilakukan.

Tidak ada komentar: