Website counter

Cari Blog Ini

Sabtu, 12 Desember 2009

ARTIKEL GAYA HIDUP

Wanita Lebih Sehat?

wanita Lebih Sehat Semua dari kita akan menyetujui pernyataan bahwa pria lebih kuat daripada wanita. Ternyata tidak demikian dalam soal kesehatan.

Penelitian di Amerika Serikat memberikan hasil bahwa wanita lebih kuat dibandingkan pria dalam hal menjaga kesehatan. Salah satu bukti penelitiannya adalah, rata-rata wanita di Amerika Serikat hidup sampai usia 80,4 tahun, sedangkan pria hanya sampai 75,2 tahun. Kemungkinan pria meninggal karena beberapa penyebab kematian terbesar di dunia – serangan jantung, kanker, sakit tenggorokan yang kronis, dan kecelakaan – bisa mencapai 220% lebih tinggi dibandingkan kemungkinan pada wanita. Mengapa bisa terjadi demikian?

Jumlah kromosom X yang lebih banyak satu kromosom menyebabkan wanita lebih terlindungi dari mutasi kromosom X yang menyebabkan penyakit. Hormon yang dimiliki wanita – estrogen – juga cenderung membangun antibodi dibandingkan hormon pria – testosteron – yang malahan cenderung menekannya. Faktor biologis terakhir terletak pada kolesterol jahat yang dimiliki pria lebih banyak dibandingkan wanita, dan mayoritas terletak pada bagian-bagian yang justru melindungi organ-organ tubuh pada pria.

Kepenatan, stress, dan kecenderungan yang lebih besar untuk merokok serta minum alkohol merupakan faktor sosial dan perilaku yang memperlemah pria dalam hal menjaga kesehatan. Dari sisi wanita, mereka diperkuat oleh kecenderungan yang lebih besar untuk melakukan diet dan berolahraga, karena kepeduliannya yang lebih besar pada kesehatan dan bentuk tubuh. Pria lebih menghindar untuk berkonsultasi ke dokter atau ahli kesehatan untuk memeriksa kondisi tubuh mereka, dengan jumlah kunjungan ke dokter yang 150 juta kali lebih sedikit dibandingkan jumlah kunjungan yang dilakukan oleh wanita dalam satu tahun.

Pria sudah tak perlu mencoba membuktikan dirinya lebih kuat tenaga dibandingkan wanita. Untuk hidup sehat? Hanya Anda yang mungkin bisa membuktikannya.

Tidak ada komentar: